[:id]

Di era kekinian, dunia berkembang maju, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak bisa dibendung lagi dan terus berkembang pesat. Era globalisasi dunia yang berkembang maju membuka peluang untuk memperluas ruang lingkup antar negara. Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang memiliki peran penting dalam dunia karir, baik di ruang lingkup pendidikan, manajemen bisnis, pariwisata, ataupun industri kreatif. Hanya orang-orang yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang dapat mengambil kesempatan emas ini.

Dunia kerja akan memberikan apresiasi yang tinggi kepada orang-orang yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Untuk dapat bergabung di lembaga, perusahaan multi nasional/asing, bahasa Inggris adalah syarat utama. Adanya Revolusi Industri 4.0 juga akan memunculkan pekerjaan baru. Kita harus menyiapkan anak-anak muda bangsa agar bisa menyesuaikan diri, diantaranya bekal kemampuan Bahasa Inggris.

Perkembangan era kekinian itulah yang sudah diantispasi oleh Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris S1 Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.  Ka. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Drs. Zuhad Ahmad, M.Pd. menyatakan para lulusannya banyak yang bekerja di berbagai sektor industri seperti pendidikan, pariwisata, media penerbitan dan  media elektronik. Dalam upaya untuk dapat terus meningkatkan penguasaan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris, maka Prodi Pendidikan Bahasa Inggris menawarkan berbagai pilihan mata kuliah pendukung, diantaranya adalah English for Young Learners, English Correspondence, English for Tourism.

English for Young Learners, disiapkan untuk pendidikan bahasa Inggris bagi anak-anak generasi penerus, dengan pendekatan komunikasi yang menarik. Kemampuan lain yang ditumbuhkan untuk menjadi penulis cerita anak-anak dan juga picture book.

English Correspondence, disiapkan bagi yang menginginkan terjun ke berbagai industri lokal dan investor asing untuk mendukung Indonesia dalam menumbuhkan ekonomi. Juga pelaku bisnis online yang saat ini cenderung meningkat dan menjadi trend, dan diperlukan tenaga yang handal untuk dapat berkomunikasi, termasuk dengan new media atau social media.

English for Tourism, disiapkan untuk menghadapi pariwisata yang menjadi devisa atau pendapatan suatu negara karena memiliki dampak ekonomi yang besar baik secara mikro maupun makro. Indonesia menggunakan slogan atau Tagline Wonderful Indonesia sebagai alat promosi pariwisata Indonesia. Dan sejak menggunakan slogan tersebut jumlah wisatawan asing yang datang dan tinggal di Indonesia mengalami peningkatan. Banyak destinasi wisata Indonesia yang sedang disiapkan menjadi destinasi dunia, seperti Danau Toba, Mandalika, Morotai, Labuan Bajo, Tanjung Lesung, dan masih banyak lagi.

[:]

Leave a Reply

en_USEnglish